Simak Cara Investasi yang Tepat Bagi Pemula

  • October 27, 2021

Cara investasi harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan menanam modal di instrumen investasi yang dipilih. Adapun beberapa hal yang wajib Anda ketahui di antaranya tujuan berinvestasi, apa saja instrumen investasi yang cocok untuk pemula, serta bagaimana cara kerja investasi itu sendiri.

Pengetahuan tentang investasi akan memberikan manfaat tersendiri untuk Anda. Sehingga saat berinvestasi, Anda akan lebih siap menerima risiko yang ada. Karena dalam berinvestasi, Anda tidak hanya dihadapkan dengan imbal hasil yang tinggi, akan tetapi juga ada risiko tinggi yang membayanginya. Nah, sebagai pemula tentu Anda membutuhkan informasi tentang bagaimana cara melakukan investasi 100 ribu yang tepat. Semuanya telah dirangkum dalam penjelasan berikut.

1. Menentukan Tujuan Berinvestasi

Saat memutuskan terjun ke dalam dunia investasi, sebaiknya Anda sudah harus memiliki gambaran tujuan di masa depan. Kira-kira untuk apa Anda melakukan investasi? Apakah untuk biaya menikah, pendidikan anak, pensiun atau untuk yang lainnya?

Dari tujuan itulah maka bisa ditentukan jangka waktu investasi yang dipilih. Terdapat 3 jangka waktu, yaitu jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Investasi jangka pendek memiliki rentang waktu kurang dari 1 tahun, untuk jangka menengah dilakukan dalam rentang waktu 1 sampai 5 tahun, sedangkan jangka panjang dilakukan dalam waktu lebih dari 5 tahun.

2. Menyesuaikan Jenis Investasi dengan Kemampuan Finansial

Dari tujuan itu, kemudian Anda dapat menyesuaikan jenis investasi seperti crowdfunding Indonesia yang akan dilakukan. Dalam memilih jenis investasi, Anda sudah harus mengerti bagaimana kemampuan finansial Anda. Sehingga Anda dapat menentukan profil risiko yang kemudian dapat disesuaikan dengan jenis investasi yang cocok.

Sebagai pemula, jika Anda ingin cari aman dalam memulai berinvestasi, maka sebaiknya pilih jenis investasi dengan tingkat risiko rendah. Jenis investasi ini memang tidak memberi imbal hasil yang sangat besar, bahkan Anda juga bisa memulai dengan modal yang tidak terlalu besar.

3. Mempelajari Pasar

Risiko berinvestasi sebenarnya bisa Anda minimalisir dengan cara mempelajari pasar. Meski begitu, risiko memang tidak bisa dihindari dalam berinvestasi. Namun Anda dapat sedikit menekannya dengan mempelajari investee yang akan ditanam modal.

Semisal Anda ingin berinvestasi dalam bentuk saham di sebuah perusahaan, maka pelajari terlebih dahulu seperti apa kondisi dari perusahaan tersebut. Lihat prospeknya, dan bagaimana kondisi hutangnya. Karena masa depan tidak bisa diprediksi, setidaknya Anda tahu bahwa perusahaan tersebut berprospek cerah dalam persaingan di masa depan nanti. Sehingga risiko kehilangan dana bisa Anda minimalisir.

4. Mengamati Grafik Pertumbuhan Investasi

Mengamati grafik pertumbuhan adalah hal yang sangat penting karena dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan saat berinvestasi. Laju pertumbuhan investasi dapat mengalami pergerakan yang cukup signifikan. Sehingga sebisa mungkin Anda harus memperhatikan laju pertumbuhannya sesering mungkin.

Pertumbuhan harga tidak selamanya naik. Sudah pasti ada kondisi di mana laju pertumbuhannya mengalami penurunan. Dari memantau grafik pertumbuhan ini, Anda terbantu dalam mengambil keputusan, seperti apakah ingin melanjutkan investasi itu, atau memilih jenis investasi lainnya.

5. Menyiapkan Dana Darurat

Dana yang Anda gunakan untuk berinvestasi pastikan bukanlah uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Karena seperti yang Anda tahu, masa depan tidak bisa diprediksi sehingga belum tentu investasi bisa memberi imbal hasil. Oleh karena itu Anda harus mulai menyiapkan dana darurat dari sekarang.

Adapun dari pemasukan per bulan, buatlah anggaran dengan jelas kemana saja uang akan dialokasikan. Apabila dana untuk kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi, maka sisa yang ada disisihkan sebagai modal investasi mulai 100 ribu dan sebagian lagi untuk dana darurat. Sehingga uang untuk investasi benar-benar ‘uang dapur’ yang dibutuhkan dalam waktu cepat.

Itulah 5 cara investasi yang harus Anda tahu sebagai pemula. Semoga bermanfaat.

Ferdian

E-mail : admin@faktawisata.my.id

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*