Tips dalam Menanam Buah Tomat yang Subur dan Berbuah Lebat

  • October 12, 2021
Tomat TW - Majukan Perekonomian Lokal | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Tomat merupakan salah satu jenis buat yang dapat ditanam di halaman rumah Anda dan di dalam pot ataupun polybag, tomat ini merupakan jenis buah yang memiliki rasa masam dan manis. Tomat dapat berbuah dengan lebat dalam satu pohon jika ditanam dan dirawat dengan baik oleh pemiliknya.

Kunci untuk membuat buah tomat tumbuh dengan subur dan cepat berbuah, tanaman tomat ini juga harus dirawat dengan benar mulai pra panen hingga pasca panen. Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk menanam buah tomat agar menghasilkan tanaman yang subur dan berbuah lebat.

Tips Menanam Buah Tomat yang Subur dan Berbuah Lebat

  1. Menyebar Bibit dan Memberinya Jarak

Langkah utama yang dapat dilakukan dalam menanam buah tomat yaitu dimulai dari menanam biji dengan memberi jarak pada bibit ketika tumbuh. Meletakkan 3 sampai 5 benih tomat di dalam tempat penyemaian yang sudah diberi tanah, sebaiknya tidak memendam benih terlalu dalam.

Ketika sudah mulai tumbuh, memilih bibit yang paling baik, membuang dan memotong bibit yang tidak sempurna. Anda hanya perlu memelihara dan merawat bibit yang baik guna meminimalisir tanaman tomat yang rentan terkena penyakit.

  1. Meletakkan Bibit yang Disinari Cahaya Matahari

Bibit tanaman tomat ini membutuhkan cahaya langsung yang kuat, apabila Anda tidak dapat memberikan tanaman tersebut dengan cahaya matahari langsung, Anda dapat menggunakan jenis pencahayaan tanaman buatan selama 14 hingga 18 jam setiap harinya.

  1. Meletakkan Di tempat yang Sering Terkena Angin

Tanaman tomat sangat memerlukan gerakan dan goyangan angina yang digunakan dalam mengembangkan batang yang kuat. Hal tersebut akan terjadi secara alami di luar ruangan. Namun jika Anda menanam bibit tanaman tomat di dalam ruangan, maka Anda memerlukan beberapa jenis sirkulasi udara.

  1. Memanaskan Media Tanamnya

Tanaman tomat ini termasuk kedalam salah satu jenis tanaman yang menyukai panas, tomat juga tidak akan tumbuh jika tidak sampai pada suhu tanah dan udara yang tetap hangat. Anda dapat mempercepat proses penanaman buah tomat ini dengan cara menutupi area penanaman dengan plastik hitam.

  1. Mengubur Benihnya

Ketika menanam buah tomat sebaiknya dengan ukuran lebih dalam sampai ke beberapa daun teratas saja, sebab jika tanaman tomat ini ditanam dengan cara ini tanaman dapat menumbuhkan akar di sepanjang batangnya. Sehingga tanaman yang diperoleh ini menghasilkan tanaman yang lebih kuat.

  1. Menggunakan Mulsa atau Menutupi Tanaman Tomat

Jika Anda menanam buah tomat di halaman atau di tanah, maka biarkan tanah tertutup dengan mulsa tujuannya yaitu agar menghangatkan tanah. Mulsa ini juga dapat menghemat air, mencegah berbagai penyakit yang ditularkan Setelah suhu tanah tetap hangat, Anda dapat menambahkan mulsa guna kelembaban tanah.

  1. Memotong Daun Bagian Bawah

Setelah tanaman tomat Anda telah mencapai tinggi sekitar 1 meter, maka langkah selanjutnya yaitu membuang daun dari arah kaki bagian bawah batang. Daun yang dibuang ini merupakan daun tertua dan daun ini yang akan menjadi daun pertama yang akan mengalami masalah jamur.

  1. Menjepit dan Memangkas Bagian Daun

Kemudian menjepit dan membuang daun yang terdapat pada sendi yang terdapat diantara dua cabang tanaman tomat. Pada bagian ini tanaman tidak akan menghasilkan buah dan akan diambil energi dari sisa tanamannya saja, Anda juga dapat memangkas beberapa daun agar matahari dapat mencapai buah yang matang.

  1. Menyiram secara Teratur

Menyiram tanaman tomat dengan dalam dan teratur ketika buah sedang berkembang. Penyiraman yang dilakukan dengan tidak teratur dapat menyebabkan pembusukan pada ujung bunga atau mengalami kekurangan kalsium dan pecah-pecah.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tips dalam menanam buah tomat yang subur dan berbuah lebat, untuk Anda yang ingin membeli tomat dengan kualitas yang baik bisa membeli di Tani Hub atau mengunjungi laman https://tanihub.com/produk/tomat-tw untuk mengetahui informasi lebih lanjut.. Semoga bermanfaat.

Ferdian

E-mail : admin@faktawisata.my.id

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*