Bubur Kacang hijau

Manfaat Bubur Kacang Hijau, Yuk kita buat dengan Resep Ini !

Resep bubur kacang hijau enak dari Chef Yummy

Selain nasi, bubur kacang hijau menjadi pilihan sarapan di pagi hari.

Tumbuk kacang hijau tidak hanya enak, murah, dan mudah dibuat, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa kelebihannya?

Manfaat Bubur Kacang Hijau

Berikut manfaatnya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Pencernaan lancar

Mengkonsumsi makanan ringan ini dipercaya dapat membantu melancarkan pencernaan. Itu karena kacang hijau mengandung serat dan pati yang membantu memberi makan bakteri baik di saluran pencernaan Anda.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan demikian, tekanan darah yang stabil dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker.

Menahan Beban

Makanan ringan ini direkomendasikan untuk siapa saja yang ingin menurunkan berat badan atau setidaknya menjaga berat badan mereka stabil dan tidak menambah berat badan. Karena setelah makan bubur kacang biasanya kamu lebih cepat kenyang. Jadi nafsu makannya terkontrol. Makan kacang hijau dapat meningkatkan cholecystokinin, hormon yang membuat Anda merasa cepat kenyang.

Bubur Kacang Hijau dapat Menurunkan kadar kolesterol

Perlu diketahui bahwa 100 gram kacang hijau setidaknya mengandung 347 kalori dan 1,15 gram lemak. Selain itu, bubur kacang hijau juga mengandung asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, zat besi, serat dan antioksidan dengan kadar filosterol yang tinggi.

Oleh karena itu, salah satu manfaat mengkonsumsi tumbukan kacang hijau adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara efektif.

Menghindari Kelahiran Prematur

Mengkonsumsi kacang hijau juga sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil atau hamil saat hamil. Kacang hijau mengandung asam folat, yang dapat melindungi bayi dari risiko kelahiran prematur dan gangguan neurologis lainnya.

Kacang hijau juga banyak mengandung vitamin B yang sangat penting dalam proses pembentukan sel saraf pada janin.

Mencegah resiko osteoporosis

100 gram kacang hijau mengandung setidaknya 189 mg magnesium. Zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Magnesium dipercaya dapat membantu mencegah risiko osteoporosis, atau pengeroposan tulang.

Satu studi menemukan bahwa makanan yang mengandung magnesium, seperti kacang hijau, meningkatkan kepadatan mineral tulang, terutama pada wanita pascamenopause dan orang tua.

Selain sarapan, bubur kacang hijau biasanya menjadi santapan para pendonor darah. Namun, seseorang tidak boleh mengukur terlalu banyak gula, dan manisnya tidak boleh berlebihan.

Dengan menggunakan santan dan tepung tapioka, Anda bisa membuat sendiri yang enak dan bergizi.

Berikut dibawah ini adalah resep dan cara membuat bubur kacang hijau kental yang enak dan bergizi :

Bahan :

Kacang hijau kupas 200 gram, rendam selama 1 jam, lalu tiriskan

air 750ml

Tepung sagu tapioka 25 gr (pengental)

Gula pasir 200 gram

Daun pandan 2 lembar, tutup

250 ml santan kental

garam sdt

3 cm jahe segar, geprek

Cara Pembuatan :

  1. Rebus 700ml air bersama gula pasir dan daun pandan hingga mendidih dan keluar aromanya.
  2. Tambahkan kacang hijau kupas yang sudah direndam dan masak sampai kacang hijau mekar, usahakan tidak pecah.
  3. Larutkan tepung tapioka dalam 50 ml air, lalu masukkan ke rebusan kacang hijau. Kemudian tambahkan jahe yang dihancurkan dan didihkan lagi. Kemudian lepas landas.
  4. Sajikan hangat, tumbuk kacang hijau kental dengan gerimis santan zesty.

Semoga artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published.