Penyelam Dunia

Gubernur Kaltim Undang Penyelam Dunia ke Kepulauan Derawan

Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak secara khusus mengundang para penyelam (divers) baik di seluruh Indonesia dan mancanegara untuk datang dan mengeksplorasi alam bawah laut keplulauan Derawan di Kabupaten Berau.

Hal itu disampaikan Awang Faroek Ishak usai Launching Festival Derawan 2013 di Samarinda, Jumat pekan lalu di Samarinda. Menurut Awang Faroek, alam bawah laut Kepulauan Derawan yang terdiri dari beberapa pulau, diantaranya Kakaban, Maratua, Sangalaki dan Derawan, keindahan alam bawah lautnya telah menyamai keindahan Taman Nasional Raja Ampat di Papua.

“Yang membanggakan adalah Pulau Sangalaki sebagai habitat penangkaran penyu hijau dan Pulau Kakaban merupakan habitat ubur-ubur air tawar yang hanya ada dua di dunia, termasuk di Kepulauan Palau Laut Pasifik,” jelasnya.

Guna mendukung sukses Sail Derawan 2014, Pemerintah Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Berau, sepakat mengadakan pra kegiatan bagi Penyelam Dunia bertajuk Festival Derawan 2013.

Gubernur mengharapkan panitia yang terlibat pada kegiatan Sail Derawan 2014 nantinya adalah semua pihak baik instansi pemerintah, perusahaan swasta maupun masyarakat.

“Kita ingin kesuksesan Sail Derawan 2014 adalah kesuksesan Kaltim secara bersama. Ini bukan hanya kegiatan Dinas Pariwisata, tetapi tanggungjawab semua pihak. Saya ingin sukses seperti pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional yang diadakan di beberapa kabupaten/kota,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim, H.M. Aswin mengatakan kesiapan Festival Derawan 2013 dan Sail Derawan 2014 dengan adanya partisipasi dari Penyelam Dunia, telah siap baik kepanitiaan, dana maupun konsep programnya.

Dia berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari masyarakat. Kita berharap para divers dan pemilik kapal-kapal layar (yacht) dapat mampir di Kepulauan Derawan sebelum atau sesudah menghadiri Sail Komodo di Nusa Tenggara Timur.

“Festival Derawan 2013 ini diharapkan dapat menarik wisatawan khususnya dari luar negeri sebelum pelaksanaan Sail Derawan 2014. Kita ingin pelaksanaan Sail Derawan 2014 nantinya lebih sukses dari Sail Komodo,” harapnya.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.