Seni Budaya Etam

Kaltim Gelar Festival Kemilau Seni Budaya Etam VII

Pelestarian seni, budaya, kuliner, olahraga tradisional dan industri kreatif akan memeriahkan Festival Kemilau Seni Budaya Etam VII yang akan digelar pada 13 hingga 15 Nopember 2012 di Samarinda.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kaltim, HM Aswin mengatakan bahwa Festival Kemilau Seni Budaya Etam ke VII adalah Kalender Kegiatan (calender of event) tingkat provinsi yang telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

“Sebagai kegiatan rutin tahunan, maka kegiatan ini perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk kabupaten/kota dan partisipasi swasta. Tujuannya adalah sebagai pelestarian, pembinaan dan pengembangan pariwisata serta terbangunnya ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Didampingi Kepala Bidang Musik, Budaya, Seni dan Film (MBSF) H Anwar dijelaskan, materi Festival Kemilau Seni Budaya Etam ke VII 2012 meliputi Parade Seni Budaya, Lomba Olahraga Tradisional, Lomba Musik dan Lagu Daerah, Lomba Tari Daerah dan Pameran Seni dan Budaya.

Aswin mengajak masyarakat untuk menyaksikan acara-acara yang diselenggarakan oleh Disparekraf bersama kabupaten/kota sebagai bentuk partisipasi dan apresiasi terhadap seni dan budaya di Kaltim.

Ditegaskan Aswin, suatu acara atau kegiatan sebesar dan semeriah apapun, tidak dianggap sukses jika acara tersebut tidak diketahui dan ditonton oleh masyarakat.

Untuk itu pihaknya akan merancang acara semenarik mungkin dan diharapkan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, pihaknya akan mencari partisipasi sponsor untuk menyukseskan acara tahunan ini.

“Festival Kemilau Seni Budaya Etam ke VII ini merupakan suatu kegiatan yang diharapkan dapat menjadi kebanggaan dalam pelestarian budaya. Selain itu diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi masyarakat,” ujarnya. (yul/adv)

Semoga  artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.